Rabu, 06 Februari 2019

Pahami Perjanjian Kontrakan Sebelum Anda Bayar Penuh

Meskipun saat ini harga persewaan rumah kian hari makin meningkat tajam, buktinya masih banyak orang yang memilih untuk ngontrak. Ada berbagai alasan yang mendasarinya, contohnya ialah belum memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah, masih single, atau lokasi rumah kontrakan lebih dekat dengan tempat kerja.


Memilih untuk tinggal di rumah kontrakan itu sah-sah saja, namun Anda harus teliti saat melakukan perjanjian sewa rumah dengan pemiliknya. Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membayar penuh dan menandatangani perjanjian kontrakan?

Inilah Hal-Hal Yang Wajib di Pahami Sebelum Melakukan Pembayaran Sewa Kontrakan

Berikut ini ada beberapa hal yang wajib Anda tahu sebelum pembayaran penuh sewa kontrakan, antara lain:

Identitas pihak pemilik

Dalam perjanjian sewa menyewa kontrakan, Anda harus memastikan data diri Anda sebagai penyewa dan pemilik sudah lengkap dan akurat. Dengan data identitas yang akurat maka akan sangat minim terjadinya pelanggaran kontrak. Beberapa data yang perlu dilengkapi antara lain, nama lengkap, usia, pekerjaan, nomor KTP, serta kontrak sewa sebagai bukti.

Dalam surat kontrak sewa pun jangan lupa untuk menyertakan materai di setiap tanda tangan perjanjian Anda dan sang pemilik. Anda bisa mencari contoh surat perjanjian yang tersebar di internet. Hal ini untuk membuktikan bahwa perjanjian yang telah dibuat ialah asli dan sah.
Harga dan masa berlaku sewa

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti halnya pengusiran secara sepihak oleh pemilik rumah, maka dari awal perjanjian penetapan harga dan masa sewa harus tercantum jelas. Anda harus memastikan bahwa dalam kontrak sudah tercatat prosedur pembayaran sewa rumah tersebut.

Bisa dilakukan secara bulanan ataupun tahunan, itu semua sesuai perjanjian Anda dengan sang pemilik. Jangan lupa pula untuk mencantumkan tanggal Anda mulai menempati rumah tersebut dan kapan masa akhir berlaku sewanya.

Pembayaran tagihan sewa rumah

Saat Anda sudah memutuskan untuk sewa kontrakan, Anda pun harus teliti mengenai pembayaran tagihan sewa rumah. Kesepakatan pembayaran tagihan memang sudah seharusnya dicantumkan dalam surat perjanjian.


Jangan hanya memperhatikan kondisi kontrakannya saja, Anda pun harus memperhatikan fasilitas yang disediakan di rumah tersebut. Pastikanlah bahwa pembayaran sewa listrik, telepon, air, hingga tv sudah termasuk dalam harga sewa yang ditawarkan. Dengan demikian, selama mengontrak rumah pun Anda tidak perlu repot untuk membayar tagihan ini dan itu secara pribadi.

Perawatan rumah

Menyewa sebuah rumah tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Saat menyewa sebuah rumah, Anda pun harus memperhatikan tentang kelayakan dari rumah yang akan Anda sewa. Pastikan bahwa rumah tersebut sudah layak huni. Mengapa demikian?

Coba Anda bayangkan jika Anda menyewa rumah yang memiliki tebok retak-retak dan genteng yang mudah bocor saat hujan. Bukankah hal itu akan membuat Anda mengeluarkan dana lebih untuk perbaikan? Maka dari itu, jangan sampai lewatkan untuk memeriksa perawatan rumah yang akan Anda kontrak nantinya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan teliti saat memutuskan untuk menyewa kontrakan sebagai tempat tinggal sementara. Meskipun terlihat sepele tapi hal ini akan berdampak fatal jika dilakukan secara asal-asalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar