Senin, 11 Februari 2019

9 Tips Jitu Supaya Memiliki Rumah Tangga Yang Harmonis

Membangun rumah tangga sama saja dengan membangun sebuah peradaban baru di mana Anda dan pasangan harus membangunnya sesuai dengan impian bersama. Tidak ada salah satu pihak yang lebih menonjol dan dominan karena akan menyebabkan kesenjangan yang tidak diinginkan. Semuanya harus berdasarkan kesepakatan bersama sehingga semua nyaman dan menerima segala sesuatu dengan senang hati dan keluarga menjadi harmonis. 


Namun di salah satu pihak, ada saja hal yang terjadi dan tak jarang menjadi sebuah masalah. Hal tersebut normal terjadi dan bukan sesuatu yang mengherankan karena hidup tidak pernah terlepas dari cobaan. Anggap saja masalah yang ada sebagai bumbu dan hal yang akan mendewasakan Anda berdua dalam menjalani kehidupan bersama. Sesungguhnya masalah yang ada adalah tolak ukur dimana Anda dapat menjadikannya hal untuk dapat saling menguatkan atau saling meninggalkan.

Tips Agar Rumah Tangga Harmonis

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan bersama dengan pasangan agar mendapatkan kehidupan yang harmonis.

1. Menjaga komunikasi

Komunikasikanlah segala hal yang terjadi bersama pasangan Anda dan mencari jalan tengahnya. Memendam sesuatu sendiri bukanlah hal yang baik dan akan membawa dampak buruk bagi mental Anda. Oleh karena itu, tanamkanlah sifat terbuka dan komunikasikan segala hal yang dirasa tidak nyaman dalam rumah tangga Anda.

Membangun komunikasi bisa dilakukan di waktu senggang saat bersantai bersama. Anda dapat melakukannya sambil menonton tv atau saat menjelang tidur. Tidak ada salahnya juga bertukar cerita apa saja yang sudah dilakukan seharian dan masalah apa yang terjadi. Lewat obrolan ringan seperti itu komunikasi akan terjalin dengan lebih mudah dan terbuka. Selain itu, bertukar cerita juga akan melegakan hati dan meringankan pikiran.


2. Saling menjaga kepercayaan

Jagalah kepercayaan yang sudah diberikan oleh pasangan Anda agar pikiran menjadi tenang dan hati menjadi tenteram. Bila Anda sering melakukan kebohongan dan tidak bisa menjaga kepercayaan, lambat laun pasangan Anda akan berubah sifatnya dan tidak lagi percaya karena telah merasa dibohongi. Anda harus ingat bahwa kebohongan itu berawal dari kebohongan kecil yang dilakukan terus menerus untuk menutupi kebohongan lainnya.

3. Saling menjaga perkataan

Bertutur katalah yang baik dan tidak menyakiti pasangan Anda. Apalagi bila Anda tahu kalau karakter pasangan Anda adalah orang yang cukup sensitive. Perkataan yang melukai akan teringat terus di dalam hati dan pikiran sehingga secara tidak langsung bisa saja membuatnya menjadi rendah diri ataupun merasa dendam.

4. Saling mengalah

Bila Anda dan pasangan mengalami perselisihan dan tidak ada salah satu pihak yang mau mengalah, tidak jarang akan terjadi pertengkaran hebat yang berujung dengan perpisahan. Oleh karena itu, belajarlah untuk meredam emosi dan mengalah agar suasana kembali reda. Mengalah bukan berarti kalah karena hal yang lebih penting adalah menjaga keharmonisan keluarga. 


5. Segera menyelesaikan masalah yang ada

Jangan biarkan masalah yang ada berlarut-larut hingga jangka waktu yang lama. Hal ini akan membuat keharmonisan menjadi terganggu dan akan muncul kerenggangan yang merusak rumah tangga. Selesaikanlah dengan kepala dingin dan berikan jeda agar emosi Anda berdua mereda karena menyelesaikan masalah saat sedang emosi tidak akan menemukan solusi yang tepat.

6. Luangkan waktu bersama

Anda dan pasangan memerlukan quality time dimana waktu memang dikhususkan untuk berdua. Singkirkan dahulu masalah pekerjaan dan lain sebagainya karena ada hati yang perlu di isi ulang tangki cintanya agar kehidupan rumah tangga kembali normal dan harmonis.

7. Jangan suka membandingkan

Jika Anda sudah mulai suka membandingkan, itu berarti kehidupan Anda sudah mulai tidak sehat. Nikmatilah kehidupan Anda apa adanya tanpa membandingkan karena semuanya sudah digariskan dan disetting sesempurna mungkin oleh Tuhan.

8. Saling memaafkan

Bila ada masalah yang terjadi, jangan malu atau gengsi untuk meminta maaf terlebih dahulu. Karena sebenarnya meminta maaf adalah sebuah tanda bila Anda memiliki hati yang lapang dan mau membenahi diri agar lebih baik.

9. Saling mengingatkan

Kunci keharmonisan salah satunya adalah saling mengingatkan dalam segala hal. Ini salah satu upaya agar Anda bisa menjadi lebih baik. Jangan tersinggung atau merasa marah bila diingatkan atau diberikan kritik yang membangun.

Aplikasikanlah tips tersebut di dalam keluarga Anda sehingga hubungan bisa terjalin dengan baik dan penuh keharmonisan. Semoga Anda dan keluarga selalu diberikan kemudahan dalam mendapatkan ketenangan hidup.

Pernikahan memang sesuatu yang indah jika di dalamnya terdapat kebahagiaan. Beberapa tips rumah tangga bahagia diatas bisa Anda praktekkan agar keluarga kecil Anda bisa menjadi keluarga yang langgeng dan selalu harmonis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar